RSS

Tips Memilih Kepiting Segar

22 Nov

Kepiting yang masih hidup dan segar, memiliki rasa daging yang manis

Banyak orang yang masih suka bingung kalau membeli kepiting. Saat memasuki supermarket banyak kepiting yang ditaruh di atas es dan ada yang di dalam aquarium.

Agar tak salah dalam membeli jenis kepiting, simak beberapa tips yang diberikan oleh Chef Ahmad Sambas yang merupakan Executive Chef Resto Kepiting Asap Cendrawasih.

Saat membeli kepiting di pasar tradisional maupun di supermarket, yang harus diperhatikan adalah keharusan untuk membeli kepiting yang masih hidup.

Hal tersebut dikarenakan, kepiting yang memiliki daging paling bagus adalah kepiting yang tidak dalam keadaan mati, serta masih memiliki bau amis yang tajam.

Faktor lain yang menunjukkan segarnya kepiting adalah adanya bekas lumpur yang melekat pada bagian tubuh kepiting tersebut.

Meskipun di pasar banyak diikat sentuh bagian tas kepiting untuk mengetahui refleks binatang tersebut. Jika refleksnya cepat, berarti kepitingnya sangat bagus.

Untuk jenisnya, pilih kepiting yang berasal dari daerah Kalimatan atau kepiting Papua. Guna membedakan kedua jenis kepiting tersebut, kepiting Papua memiliki warna sedikit hitam dan kadar telurnya tidak terlalu banyak dibanding kepiting Kalimantan.

Dalam segi rasa dan tingkat gurihnya, kepiting Kalimantan agak sedikit halus pada bagian kulitnya. Sedangkan kepiting Papua agak kasar dan lebih besar ukurannya.

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: