RSS

Tips memilih dan memasak kepiting

22 Nov

  • Kalau Anda membeli kepiting pastikan membeli kepiting yang hidup karena beberapa penjual mengakalinya dengan mencampur kepiting yang masih hidup dengan yang sudah mati,.
  • Memilih kepiting, baik yang jantan maupun betina sebaiknya pilih yang padat jangan pilih yang gembos. Hal tersebut bisa diketahui dengan menekan cangkangnya. Hati-hati jika membeli kepiting yang diikat penuh lilitan tali jangan-jangan untuk mengelabui kepiting tersebut capitnya sudah putus.
  • Cara menjaga agar kepiting awet hidup sampai beberapa hari yakni masukkan ke dalam panci, beri air garam, jangan lupa ditutup kain (kelambu) agar tidak digigit oleh nyamuk. Kepiting tersebut bisa tahan beberapa hari.
  • Masukkan kepiting ke dalam air mendidih. Jangan pakai teknik mutilasi atau ditusuk dulu biar mati baru dimasak, karena biasanya cairan tubuhnya banyak keluar dan ujungnya dan akan berakibat dagingnya tidak penuh lagi.
  • Kalau kita beli kepiting dalam keadaan hidup biasanya diikat tali. Waktu masih diikat, taruh saja di dalam air es beberapa menit Kepiting akan lumpuh (termasuk capitnya). Kemudian buka ikatannya, cuci dulu supaya bersih, lalu cemplungkan ke air mendidih.
  • Untuk membedakan kepiting berkelamin jantan dan betina dilihat dari bentuk dan ukuran tutup perutnya. Kepiting jantan memiliki tutup perut yang lancip menyempit, sedangkan kepiting betina tutup perutnya bundar dan lebar. Dari segi fisik pada umumnya yang jantan lebih gede dan betina sebaliknya.
  • Ada lagi jenis kepiting yang disebut kepiting banci. Kepiting jenis ini pada bagian segitiga perutnya tidak menyempit dan juga tidak melebar alias di antara keduanya. Kalau yang doyan kepiting mestinya tahu kepiting banci ini, karena rasa telurnya (sebenarnya bukan telur, agak berwarna putih) jauh lebih enak daripada yang betina. Kalau membedakan jantan dan betina saja tidak bisa, ya mungkin agak susah untuk menentukan jenis kepiting ini.
  • Jika merebus kepiting airnya harus diberi arang (baik yg dari batok kelapa maupun yg kayu) hal tersebut untuk menghilangkan racun, serta boleh ditambah jahe untuk menghilangkan bau amisnya.·
  • Untuk mengetahui ada atau tidaknya telor kepiting bisa dilihat dari segitiga penutup perut kepiting itu, anda tinggal buka sedikit saja, kalau memang bertelor akan langsung kelihatan warna orange/kuning. Bukanya di segitiga yg lebar (kepiting betina), kalau yg segitiga sempit (kepiting jantan) nggak bakal ada telornya. Tetapi jangan pula terkecoh oleh warna orange/kuning itu pasti telor kepiting. Kadang-kadang oleh penjualnya diisi wortel yang diirisi kecil-kecil supaya dikira pembeli kepeting bertelor.

Nah sudah taukan serba-serbi kepiting! Nah mulai sekarang semoga tidak salah lagi ya dalam memilih kepiting.

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: