RSS

Resep Kepiting Saus Padang ala Sedap Wangi 89 Medan

22 Nov

Bahan :
2 ekor kepiting telur/jantan (aku pakenya kepiting kecil / rajungan)
4 sdm saus tiram
5 sdm saus tomat, siap pakai
3 sdm saos sambal, siap pakai
150 ml air (kaldu seafood) – aku sih pake bekas rebusan kepiting
1 sdt merica bubuk
½ sdt garam
½ sdt penyedap rasa – aku ngga pake
1 batang daun bawang, iris serong tipis
½ buah bawang bombay, iris tipis
1 sdt gula pasir
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk – karena susah carinya, aku ngga pake
1 ltr air untuk merebus
5 sdm minyak goreng
1 buah telur yang telah dikocok – aku pake  cuma 1/2 lebih dikit aja

Bumbu yang dihaluskan :
5 siung bawang merah – karena disini gak ada bawang merah, aku pake bawang bombai yang warna merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe rawit merah, tumis sampai layu
2 cm jahe
1 ruas kunyit, bakar –  disini kaga ada yang jual kunyit, jadi aku pake kunyit bubuk
3 buah kemiri, sangrai – udah nyari kesana kemari, ngga nemu penjual kemiri, jadi aku ngga pake juga
2 sdm cabe merah giling, siap pakai – yang ini juga ngga aku pake

Cara membuat :
1. Bersihkan kepiting. Siapkan panci lalu rebus kepiting hingga matang dan berubah warna menjadi oranye, angkat. Belah sesuai sisi.
2. Siapkan wajan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama bawang bombay, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.
3. Masukkan kepiting dan sisa semua bahan termasuk kocokan telur, aduk rata. Masak hingga bumbu menyerap dan kuah mengental. Angkat

 
Leave a comment

Posted by on November 22, 2012 in KEPITING SAOS PADANG

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: