RSS

Lima Makanan Super Bagi Para Ibu Baru

21 Nov

VIVAlife – Buah hati yang menggemaskan adalah anugerah paling membahagiakan bagi setiap ibu baru. Namun, setelah melahirkan, terjadi banyak perubahan dalam tubuh wanita. Antara lain kelelahan pasca melahirkan, berat badan kehamilan hingga selalu merasa lapar akibat menyusui.

Makan makanan yang tepat dapat menunjang peran Anda sebagai seorang ibu baru. Ada beberapa jenis makanan yang mampu mendorong energi dan menjaga kebugaran seperti dikutip Fitness berikut.

1. Sereal tinggi serat

Semangkuk sereal saat sarapan memuaskan rasa lapar dan membantu mencegah sembelit, masalah umum bagi ibu baru, karena hormon menyusui dapat memperlambat kerja usus.

Selain sereal kaya serat yang dimakan dengan yogurt yang kaya kalsium dan probiotik, coba juga beras merah yang membantu pencernaan. Dianjurkan untuk makan sereal dan serat tiap hari.

2. Telur

Untuk membantu menumpahkan berat badan selama kehamilan, telur saat sarapan adalah pilihan terbaik agar Anda mengasup sedikit kalori selama sisa hari. Sebuah studi baru menunjukkan sebutir telur memiliki 5-6 gram protein. Artinya, Anda tak perlu makan kudapan selama satu jam.

Telur juga sumber alami kolin, nutrisi penting untuk membangun pusat memori otak bayi yang dimakan bayi melalui ASI. Sebaiknya makan telur setiap hari.

3. Steak

Sapi adalah sumber zat besi dan seng, dua mineral yang penting untuk menghasilkan energi sekaligus memproduksi ASI. Seiris daging merah dengan salad hijau bisa memberi energi tambahan.

Meskipun tinggi lemak dan kalori daripada daging putih, daging merah memiliki seng dan zat besi dua kali lipat daripada daging putih, ujar Colleen Pierre, RD, pakar nutrisi di John Hopkins University. Dianjurkan makan daging sapi hingga tiga kali seminggu.

4. Ikan salmon 

Bahan makanan ini mengandung lemak omega-3, yang baik untuk jantung. Lemak salmon juga membantu perkembangan otak dan penglihatan bayi. Sebaiknya pilih salmon liar Alaska, yang mengandung tingkat merkuri rendah. Pakar menganjurkan untuk mengasup salmon satu-dua kali seminggu.

5. Bayam

Sayuran hijau ini sangat penting bagi ibu menyusui karena dua hal. Asam folat membantu menghasilkan sel darah baru, yang sangat penting bagi wanita yang baru saja mengeluarkan banyak darah selama persalinan. Kandungan mangan dalam bayam juga mempertahankan kualitas tulang, tulang rawan dan kolagen yang membantu pemulihan pada wanita yang menjalani persalinan caesar. Pierre menganjurkan untuk mengasupnya sesering mungkin.

 
Leave a comment

Posted by on November 21, 2012 in HEALTH & SEX

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: